MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka)

Memasuki era abad ke-21, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada sebuah tantangan yang kompleks dalam menyiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing secara global. Peningkatan mutu pendidikan dipandang sebagai sebuah alat yang dapat menyiapkan SDM siap guna di masyarakat yang memiliki kompetensi tinggi dalam persaingan global. Salah satu upaya dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuat salah satu kebijakan yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, salah satu kebijakan terkait Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) adalah kebebasan yang diberikan kepada mahasiswa untuk belajar tiga semester di luar program studi maupun diluar kampus.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung merespon kebijakan MBKM ini dengan memberikan kebijakan penguatan keunggulan dari setiap program studi melalui dukungan untuk perancangan dan rencana implementasi kurikulum MBKM. Jurusan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung pun merespon kebijakan ini dengan menyusun kurikulum MBKM 2021. Kurikulum MBKM 2021 Jurusan Biologi mulai diberlakukan untuk Mahasiswa Biologi mulai dari angkatan 2019.

Berikut merupakan sebaran Matakuliah pada Kurikulum MBKM 2021:

Adapun Naskah Kurikulum MBKM 2021 Jurusan Biologi UIN SGD Bandung secara lebih lengkap dapat dilihat melalui link dibawah ini:

Kurikulum MBKM 2021