Sejarah Jurusan Biologi

Pendirian Fakultas Sains dan Teknologi tidak dapat dilepaskan dari perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). IAIN Sunan Gunung Djati Bandung berdiri pada tanggal 10 Muharam 1388 H. bertepatan dengan tanggal 8 April 1968. Perubahan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung tanggal 10 Oktober 2005 sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 57 tahun 2005 yang diresmikan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 9 Februari 2006.

Fakultas Sains dan Teknologi berdiri atas dasar Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Tanggal 16 Maret 2006 Nomor 6 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.  Pada Bab II pasal 4 tercantum bahwa salah satu Fakultas dalam susunan organisasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah Fakultas Sains dan Teknologi. Tanggal ini dianggap sebagai tanggal berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi di Lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Selanjutnya yang menjadi dasar pengembangan lembaga adalah Surat Rekomendasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional nomor 4469/D/T/2004 tanggal 12 Nopember 2004 tentang Rekomendasi Pembukaan Program-program studi umum pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Surat Persertujuan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 179/MPN/KI/2004 tanggal 10 Desember 2004 tentang persetujuan Perubahan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Surat Menteri Agama RI mengenai Rancangan Peraturan Presiden tentang Perubahan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi UIN Sunan Gunung Djati dengan nomor MA/89/2005 tanggal 31 Maret 2005 yang ditujukan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Dengan dasar-dasar itu jurusan yang direkomendasikan untuk Fakultas Sains dan Teknologi diantaranya jurusan Biologi yang dibuka pada tahun akademik 2006/2007. Sebagai jurusan baru yang terus tumbuh berkembang, maka upaya-upaya perbaikan pelayanan terus ditingkatkan melalui beberapa program peningkatan mutu dan kerjasama. Berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 1261/BAN-PT/Akred/S/XII/2015, Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi memperoleh akreditasi dengan predikat “B” atau dengan skor 352. Sedangkan secara institusi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah memperoleh akreditasi institusi dengan predikat “B”.

Sumber daya manusia pada Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi terdiri atas dosen tetap sebanyak 9 orang yakni 6 orang berpendidikan S3, 3 orang proses penyelesaian S3 dan 1 orang S2 serta didukung oleh dosen tidak tetap. Tenaga kependidikan baik tenaga tata usaha maupun laboran terdiri dari tenaga tetap maupun honorer. Jumlah mahasiswa  lebih dari 1000 orang. Tersedianya kelembagaan yang menunjang kegiatan akademis yang terdiri atas :  13 laboratorium bidang biologi, 1 ruang baca, himpunan mahasiswa jurusan dan sarana prasarana lainnya. Sarana penunjang berupa ruang pimpinan jurusan, ruang rapat jurusan, ruang dosen, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang kuliah, laboratorium biologi, laboratorium ilmu dasar, kebun praktek biologi dan pertanian. Dalam perjalanannya, jurusan biologi dipimpin oleh :

  1. Dr. Yani Suryani, M.Si (Ketua Jurusan) dan Astuti Kusumorini, M.Si (Sekretaris Jurusan) untuk periode 2006-2014
  2. Dr. Tri Cahyanto, M.Si (Ketua Jurusan) dan Dr. Ana Widiana, M.Si (Sekretaris Jurusan) untuk periode 2014-Sekarang