Mahasiswa Biologi UIN SGD Bandung Raih Medali Emas dan Perak dalam Ajang Lomba Nasional dan Internasional

Bandung, Agustus 2024 –Beberapa mahasiswa (5 tim mahasiswa) Jurusan Studi Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, berhasil menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional dan internasional. 3 tim diantaranya berhasil menjuarai lomba internasional pada ajang International Invention Competition For Young Moslem Scientists (IICYMS) Tahun 2024 dengan perolehan 4 medali diantaranya 1 medali emas sekaligus special award dan 2 medali perak. Sementara 2 tim lainnya berhasil mendapatkan 1 medali gold pada ajang National Invention Competition For Young Moslem Scientists (NICYMS) dan 1 silver pada lomba NEC (National Essay Competition) dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tim 1: terdiri dari Rafika Nur Fadillah sebagai ketua tim dengan anggota Na’illah Ega Sivana, Alika Maulidina Rahma dan Melza Aulia Sri Rezeki memperoleh Medali Emas dan MIICA Special Award dengan minirisetnya yang berjudul “Diabeetball: Innovation Of Fenugreek Seed Extract (Trigonella Foenum-Graecum L.) As Healthy Food Antidiabetes To Reduce Hyperglicemic Index Of Diabetes Patients”
  2. Tim 2: diketuai oleh Nisa Kartika dan beranggotakan Rucika Galvani Putri, Raysha Tryfhatya Nurhaidha, Aulia Rahmah berhasil memperoleh Medali Perak dengan minirisetnya yang berjudul “Sustainable Detergent Solutions: Utilization of Saponin and Protease Enzymes from Papaya Peel (Carica papaya L.) and Soursop Leaves (Annona muricata L.) as Biosurfactants”
  3. Tim 3: dengan Anggota Muhamad Mubiar Ramadana, Vania Ulfa Ramdhanawati, Pariz Hudal Mutakin (Pendidikan Matematika), Neneng Nurhayasih dibawah komando Hilda Wulan Cahyani berhasil mendapatkan perolehan medali sperak/silver melalui mini reisetnya yang berjudul “Okativa Bar: The Healthy Snack Bar as a Food Diversification Innovation to Prevent Coronary Heart Disease”
  4. Tim 4: diketuai oleh Silmi Aulia Putri dengan anggota tim Shifa Nurani, Musabbih Najil Hakim Rachmat, Nursyifa Tiara Dwiputri dan Fathin Dhiya Amani berhasil meraih medali emas pada ajang NICYMS dengan risetnya yang berjudul MIRISON: Minuman Berformulasi Organik dari Ekstrak Betroot, Kurma dan Putri Malu Pencegah Anemia Guna Menciptakan Adanya Ketercapaian SDGs 2045
  5. Tim 5: yang digadang oleh Nazla Fauziyah Octaviani sebagai ketua ti, Rafmanuha Putri Mulyawan dan Vania Ulfa Ramdhanawati berhasil menjadi terbaik ke-2 dengan mendapatkan Silver Medal 1 Awardees kategori Sub-tema Lingkungan dalam perlombaan NEC dengan judul karya tulisnya “Optimasi Bakteri Morganella morganii dengan Substrat Limbah Ampas Tebu (Saccharum sp.): Inovasi Pendegradasi Merkuri Pertambangan dengan Metode Biodegradasi demi Mendukung Indonesia Emas 2045”

Lomba IICYMS dan NICYMS adalah lomba yang diadakan oleh IYSA dan diselenggarakan secara online pada tanggal 13 Agustus 2024, sementara NEC diselenggarakan oleh Institut Pertanian STIPER, Yogyakarta dan dilakukan secara offline di kampus tersebut dan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Juli 2024.

Ketua Jurusan Biologi UIN SGD Bandung, Dr. Ateng Supriyatna, M.Si, menyatakan kebanggaan dan apresiasi yang mendalam atas prestasi mahasiswa tersebut. “Ini adalah pencapaian luar biasa yang tidak hanya menunjukkan kualitas pendidikan di Biologi UIN SGD Bandung, tetapi juga dedikasi dan kerja keras mahasiswa kami. Kami berharap prestasi ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berusaha dan berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional.”

Seluruh mahasiswa ini mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada dosen dan pihak universitas yang telah memberikan dukungan dan bimbingan. Mereka juga berharap prestasi ini dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa lain untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional. Lomba IICYMS, NICYMS dan NEC 2024 bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga kesempatan untuk memperluas jaringan akademik dan berbagi pengetahuan dengan sesama ilmuwan muda dari seluruh daerah bahkan dunia. Prestasi ini menunjukkan bahwa Biologi UIN SGD Bandung terus berkomitmen dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan berdaya saing tinggi di tingkat global.

Selamat kepada semua mahasiswa yg mendapat medali! Semoga prestasi ini menjadi langkah awal menuju kesuksesan yang lebih besar di masa depan.

You may also like...