Jurusan Biologi Mengikuti Workshop Pengelolaan Laboratorium Berdasarkan SNI ISO/IEC 17025

 

Jurusan Biologi Ikut serta dalam kegiatan “Workshop Pengelolaan Laboratorium Berdasarkan SNI ISO/IEC 17025“ yang diselenggarakan oleh Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rabu (19/06/2019). Bertempat di Ruang Aula Fakultas sains dan Teknologi UIN SGD Bandung. Ir. Nana Heryana, ST., IPM., AER dan Dra. Umi Nuraeni, Apt., M.Si dihadirkan sebagai pembicara, adapun beberapa Dosen biologi yang ikut bagian dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Tri Cahyanto, M.Si, Isma Dwikurniawan, M.Sc, Ayuni Adawiyah, M.Si, Adisty Virakawugi, M.Si, Risda Arba Ulfa, M.Si dan Rahmat Taufiq M.A.M.I.L. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan standardisasi pengelolaan laboratorium dan kualitas laboratorium, diharapkan nantinya mutu riset-riset hasil laboratorium tervaliditasi dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini sangat penting dalam upaya mendukung visi universitas yang nantinya dapat bersaing di pasar global yang diakui secara internasional.

Dra. Umi Nuraeni, Apt., M.Si salah satu pengisi materi menjelaskan secara detail terkait SNI ISO/IEC 17025 perpaduan antara persyaratan managemen dan persyaratan teknis yang harus dipenuhi mulai dari persyaratan kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi, merencanakan penerapan 17025 (Quality Planning), menerapkan 17025 (Quality Assurance), cara meningkatkan kepercayaan dalam penerapan 17025 (Quality Control dan Quality Assesment), serta cara merealisasikan peningkatan melalui penerapan 17025 (Quality Improvement).

Pengelolaan laboratorium pengujian berperan penting dalam menjamin kehandalan hasil uji. Hasil uji yang handal akan memberikan kepercayaan pelanggan terhadap laboratorium tersebut. Kegiatan ini dapat membantu para personil laboratorium khususnya dalam memahami dan melaksanakan SNI ISO/IEC 17025 sehingga pelatihan ini sangat penting bagi laboratorium yang akan persiapan untuk diakreditasi.

You may also like...

Leave a Reply